adsense

13 May, 2007

Isu Hangat: Sorotan Windows Vista



Windows Vista - Satu Sorotan
Posted on Sunday, May 13 @ 12:57:30 MYT by greenboc
Pelbagai Oleh zul_mz

winvistaMicrosoft telah melancarkan Windows Vista pada awal tahun ini bagi menggantikan Windows XP setalah 6 tahun Windows XP berada di pasaran.

Masa enam tahun cukup lama buat para pengguna Windows. Sebagai contoh jarak peluncuran antara Windows 95 dan Windows 98 adalah 3
tahun, sementara dua tahun kemudian Microsoft melancarkan Windows 2000 dan Windows ME. Setahun kemudian Windows XP menjadi anggota keluarga baru sistem operasi Microsoft.


Artikel asal di http://zulkiplyharun.com

Apakah ciri baru dan perubahan pada Windows Vista? Dengan jangka waktu pengembangan yang relatif lebih lama, kita tentunya mengharapkan banyak perubahan dan perbaikan.
Yang pasti, Windows Vista mempunyai lebih banyak edisi (6 edisi kesemuanya) berbanding Windows XP yang hanya mempunyai 3 edisi : Starter, Home dan Professional.


Pelbagai Versi Windows Vista

\ \ \ \

Masing-masing edisi Windows Vista ini dijual dengan harga berbeza-beza, dengan ciri yang berbeza-beza pula. Namun secara umum kita dapat membaginya menjadi dua edisi: Vista untuk pemakai rumahan dan Vista untuk bisnes. Selain itu terdapat edisi dengan ciri maksimal (Vista Ultimate Edition) dan edisi khusus untuk negara-negara membangun (Windows Vista Starter Edition)

Versi apa yang sebaiknya dipilih? Kalau ingin menikmati tampilan terbaru dari Vista, sebaiknya memilih Windows Home Premium. Edisi ini sudah
dilengkapi dengan tampilan yang menarik, Aero Glass, serta antaramuka pengguna yang lebih mesra, Windows Flip 3D.

Bahagian dalam Windows Vista memang mengalami perubahan cukup banyak. Namun tanpa kedua ciri di atas, Windows Vista dari segi pemakai tak berbeza jauh dengan Windows XP.

Untuk menyemak ciri-ciri khusus Vista yang berbeza ini anda boleh layari lamanweb
CNET Reviews.

Semak Kompatibiliti

Apapun versi yang dipilih, anda dianjurkan untuk memeriksa dahulu kompatibiliti perkakasan (hardware) atau komponen komputer. Komputer dengan hardware yang tidak kompatibel tidak akan mampu memaksimalkan seluruh ciri Windows Vista.

Jika sdra menemui kesulitan untuk menentukan edisi mana yang didokong oleh spesifikasi komputer sdra, CNET bekerjasama dengan
System Requirement Labs menyediakan
peralatan untuk menganalisa sistem anda.

Pemasangan Bersi atau Upgrade (Naik-Taraf)?

Meskipun Vista tersedia dalam versi upgrade, saya lebih suka mencadangkan pengguna Vista untuk melakukan "clean installation". Dengan pemasangan begini anda dapat tetap mempertahankan sistem pada XP lama. Clean-installation dapat dilakukan dengan membuat partition ruang harddisk dan menjalankan dual-boot dengan XP. Tentu saja cara paling praktis dan selamat adalah membeli komputer baru dengan Windows Vista telah terinstal didalamnya.

\Meskipun Vista tersedia dalam versi upgrade, kami merekomendasikan pengguna Vista untuk
melakukan clean installation. Dengan clean-instalation anda dapat tetap mempertahankan sistem pada XP lama anda dan cukup memasang aplikasi yang anda perlukan pada Vista. Clean-installation dapat dilakukan dengan mempartisi ruang harddisk anda dan menjalankan dual-boot dengan XP atau boleh juga dengan menambahkan harddisk khusus untuk Vista anda. Tentu saja cara paling praktis dan selamat adalah membeli komputer baru dengan Windows Vista telah siap terpasang di dalamnya.

Pemasangan

Proses pemasangan Vista memakan masa sekitar 20 minit hingga 1 jam, bergantung spesifikasi perkakasan komputer. Proses pemasangan Vista tergolong automatis dengan terlebih dahulu menyalin WIM pada drive lokasi Vista. Selama proses pemasangan, Vista akan mengisi PC anda dengan driver yang diperlukan. Vista akan mengambil driver tambahan yang diperlukan dari database Microsoft. Dapat diandaikan, untuk keperluan tersebut proses pemasangan ini memerlukan sambungan
internet. Hal ini menyebabkan pemakai-pemakai Windows Vista cetak rompak terpaksa "surrender" dan akan mendapati sistem yang terpasang tidak lengkap.

\Seperti biasa, di akhir proses pemasangan anda akan diminta memasukkan data-data seperti negara/region, waktu, mata wang, dan jenis keyboard yang anda gunakan. Dilanjutkan dengan Username, User Icon, dan katalaluan. Kemudian anda dapat memilih wallpaper dan security setting. Kemudian Windows akan memaparkan skrin dengan 5 skala berbeza.

Start Menu pada Vista tampil lebih cantik dan elegan. Ini adalah pemandangan yang indah bagi anda yang selama ini bosan dengan Start Menu Windows yang tidak banyak mengalami perubahan dari Windows 95 hingga XP.

Yang menarik juga, pada Vista terdapat tone muzik yang ditulis oleh pemuzik veteran Robert Fripp. Dibandingkan
dengan XP, tone muzik ini terdengar lebih ringan dan berkelas.

\

Kalau perkakasan komputer anda belum mendokongnya tampilan Vista, sekilas pandang ia tak berbeza jauh dengan Windows XP. Yang berbeza hanyalah tampilan yang lebih segar dan struktur menu yang dirombak. Menu baru ini disebut Simple Start Menu. Mode menu lama disebut Classic Start Menu.

\Namun bila diamati lebih jauh, ada beberapa perubahan penting. Misalnya sekarang tak ada lagi tombol Start yang sudah jadi bagian Windows sejak Windows 95. Tombol tersebut digantikan oleh yang namanya
Windows Orb - tombol bulat yang dihias dengan logo Windows.

Pengalaman Antaramuka

Apabila anda
biasa mengelola dokumen menggunakan Windows Explorer, tiba-tiba saja kehilangan. Sebagai gantinya, anda dapat menggunakan ciri pencarian (Search) yang diintegrasikan di dalam WIndows Vista ini. Cara lain adalah dengan membuka menu Documents, Pictures atau Music.

Agak sulit mencari program aplikasi yang dipasang sendiri menggunakan Simple Start Menu ini. Untungnya, kita dapat menggantinya ke mode Classic, dengan mengklik kanan Windows Orb, memilih Properties dan kemudian memilih Classic Start Menu.

Ciri antaramuka lain adalah Windows Sidebar. Sidebar ini bila diaktifkan muncul di sisi kanan layar, dan berguna untuk menampung aplikasi-aplikasi kecil (applet). Applet ini dalam peristilahan Windows disebut gadget. Beberapa gadget yang disertakan misalnya jam, RSS Reader, dan kalender.

\

Ciri gadget sendiri sebenarnya bukan hal baru. Pemakai Windows XP misalnya dapat memasang
Zul Desktop Calendar untuk mendapatkan ciri yang sama.

Ciri-ciri Windows Vista

Windows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan ciri-ciri baru, ciri-ciri yang diubahkan dari versi windows sebelumnya, dan ciri-ciri yang ditingkatkan kemampuannya. Pada saat ini daftar ciri-ciri tersebut belum diumumkan secara lengkap oleh Microsoft. Namun demikian, berbagai ciri yang akan dimasukkan ke dalam Windows Vista tersebut sudah mulai diperkenalkan melalui beberapa publikasi. Diantaranya:

  • Windows Aero: desain baru antaramuka pengguna, singkatan dari Authentic, Energetic, Reflective, dan Open. Antaramuka baru ini dimaksudkan agar lebih estetis nilainya dan
    bersih berbanding antaramuka Windows sebelumnya, termasuk jendela-jendela transparen, animasi, dan tampilan yang elegan.
  • Windows Shell: Windows shell yang baru ini berbeza sekali dengan Windows XP. Sebagai contoh, Start Menu yang telah diubah sperti dinyatakan tadi, bahkan kata “Start” pun telah digantikan dengan tombol Windows “Pearl” biru yang baru.
  • Fasiliti Pencarian (Search)
  • Windows Sidebar
  • Internet Explorer 7+
  • Windows Media Player 11
  • User Account Control, Windows Firewall
  • Windows Defender
  • Windows Mail
  • Windows Update
  • Parental Control
  • Windows Sideshow
  • Speech recognition
  • New Fonts, Games
  • Windows Calendar
  • Windows Photo Gallery
  • Windows DVD Maker
  • SuperFetch
  • ReadyBoost
  • ReadyDrive
  • Touchscreen
  • Problem Reports and Solutions
Teknologi Penopang
  • Protokol IPv6 yang juga bekerja bersama dengan IPv4
  • Struktur keamanan baru, termasuk BitLocker Drive Encryption
  • Pembangunan ulang seluruh desain audio, print, tampilan layar (display), dan stack jaringan
  • Peningkatan kemampuan memory manager dan process scheduler
  • System services dimasukkan sebagai sesi terpisah dan terpencil, sementara proses User sebagai sesi yang berbeza
  • Address Space Layout Randomization (ASLR) untuk mencegah serangan Return-to-libc buffer overflow
  • Kernel Transaction Manager yang baru memungkinkan operasi transaksi atom melintasi berbagai obyek yang berbeda, terutama sekali sistem file (Transactional NTFS) dan operasi registry
  • Deadlock Detection Technology merupakan teknologi baru yang akan melakukan semakan atas kondisi-kondisi deadlock (kebuntuan sistem) untuk pelaporan ralat Windows
Teknologi untuk Para Pembangun Softwer (Developer)
Microsoft menyebut teknologi NET Framework 3.0 kunci yang baru dalam versi Windows ini
sebagai “The Pillars of Vista”.
  • Windows Presentation Foundation (WPF)
    Windows Presentation Foundation (WPF), sebelumnya diberi nama-kode Avalon; adalah sebuah sub-sistem antaramuka pengguna yang baru dan merupakan kerangka-kerja yang didasarkan pada teknologi Direct3D (DirectX) dan grafik vektor-kerja sama antara perangkat keras komputer grafik 3D dengan teknologi Direct3D. Lihat juga Windows Graphics Foundation.
  • Windows Communication Foundation (WCF)
    Windows Communication Foundation (WCF), sebelumnya diberi nama-kode Indigo; adalah sistem komunikasi berorientasi-servis (service-oriented messaging system) yang mengizinkan program untuk berinteroperasi secara lokal maupun remote mirip seperti service jejaring (web).
  • Windows Workflow Foundation (WF)
    Windows Workflow Foundation (WF), pertama kali
    diumumkan pada Ogos 2005, akan mengizinkan transaksi automasi dan terintegrasi dengan menggunakan arus-kerja (workflows).
    Selain itu juga ada pembangunan API baru signikan di dalam inti sistem operasi, khususnya penambahan .NET Framework, pembangunan benar-benar baru bagi senibina audio, jaringan, pencetakan (print), dan antaramuka video, perubahan besar dalam prasarana keselamatan, peningkatan bagi pemasangan program aplikasi (”ClickOnce” dan Windows Installer 4.0), model baru untuk device driver (”Windows Driver Foundation”), Transactional NTFS, serta pembaharuan besar-besaran bagi banyak sub-sistem inti seperti Winlogon.
Keperluan Perkakasan
Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista diklasifikasikan sebagai “Vista Capable” dan “Vista Premium Ready”
  • Komputer “Vista Capable” memerlukan minimal prosesor 800MHz, 512MB RAM, dan kad grafik dengan
    kelas DirectX 9. Namun klasifikasi ini tidak akan mampu untuk mendokong grafik high-end Vista, termasuk antaramuka Aero.
  • Komputer “Vista Premium Ready” memerlukan setidaknya prosesor 1GHz, 512 MB RAM, dan kad grafik yang kompatibel dengan antaramuka Aero minimal 128MB serta mendokong WDDM yang baru.
    Memang, Windows Vista sudah menggunakan teknologi 64-bit sehingga memerlukan perkakasan di kelas HI-END. Meskipun begitu, Microsoft tetap menyediakan Windows Vista 32-bit.
Sila baca untuk ulasan selanjutnya seperti isu keselamatan dan kritikan-kritikan di
http://zulkiplyharun.com/php/article-page83.html

Assalamualaikum dan salam
sejahtera..............

No comments:

Blog Widget by LinkWithin